Subscribe RSS
KOTA PACITAN Jun 22

“MAKANAN CIRI KHAS PACITAN”

nt

1. NASI TIWUL 

Nasi Tiwul ini terbuat dari bahan dasa gaplek. Gaplek sendiri terbuat dari singkong yang sudah dikerigkan, awalnya singkong dikupas terlebih dahulu lalu dicuci setelah itu dikeringkan maka dari itu diberikan nama Gaplek. Tiwul ini berwarna coklat, tidak lembek, terasa kenyal dan sedikit manis. Tepung Gaplek diperciki sedikit air sehingga berbentuk butiran-butiran kecil, kemudian dikukus. Akhirnya memiliki rasa khas dan tekstur khas. Nasi Tiwul ini biasanya menjadi bahan pencarian para wisatan yang berkunjung di Pacitan, karena mempunyai rasa yang nikmat apalagi disaat perut lapar. Pelengkap Nasi Tiwul ini dihidangkan bersama urap, ikan laut bakar maupun goreng, sayur, dan tidak lupa sambal dengan lalapan sehingga rasanya semakin mantab.

kupat tahu pacitan

2. KUPAT TAHU

Kupat Tahu ini terdiri dari potongan-potongan kupat ataupun lontong dan dicampur dengan tahu. Pelengkapnya yaitu kacang goreng, toge, sledri, terakhir disiram dengan kuah yang khas. Tak lupa setiap warung menyediakan krupuk dan sambal sehingga rasanya terasa lebih nikmat.


“BUDAYA CIRI KHAS PACITAN”

wb

1. WAYANG BEBER

Pacitan memang kota kecil tetapi memiliki pesona alam dan budaya alam yang sudah tidak diragukan lagi. Keunikannya adalah memiliki nilai yang dianggap saklar dan magis oleh masyarakat sekitarnya tetapi memiliki nilai-nilai luhur juga.

Salah satu budaya Pacitan adalah Wayang Beber. Wayang Beber yaitu seni budaya yang muncul dan berkembang di Pulau Jawa salah satunya di Pacitan. Mengapa dinamakan Wayang Beber? Karena berupa lembaran atau disebut beberan yang dibentuk menjadi tokoh-tokoh dalam cerita baik judulnya Mahabharata maupun Ramayana. Wayang Beber berkembang pada masa Majapahit. Wayang Beber dilukiskan pada selembar kain atau kertas, kemudian disusuran adegan demi adegan berurutan sesuai jalan ceritanya tersebut.

Wayang Beber ini masih bisa dilihat sampai sekarang di daerah Pacitan Donorojo, yang dipegang secara turun menurun dan diberi amanah untuk tetap menjaga kebudayaan ini. pemilik Wayang Beber di Pacitan adalah Bapak Sumardi atau sering dijuluki Mbah Mardi. Kini sudah populer dimancanegara, seperti di Jepang, Belanda, Perancis. Seseorang ilmuwan Perancis juga pernah meneliti bahwa warna untuk melukis ternyata berasal dari getah-getahan.

mp

2. UPACARA ADAT METHIK PARI

Upacara adat Methik Pari ini berasal dari Kecamatan Bandar yang terletak di Pacitan dan sudah menjadi kebudayaan khasnya. Methik dalam bahasa indonesia adalah “memetik”, sedagkan pari adalah “pari”. 

Upacara Adat Methik Pari ini adalah simbol rasa syukur atas karunia dari Tuhan yang telah memberikan hasil panen yang memuaskan. Upacara ini dilaksankan menjelang hari panen raya, biasa nya satu hari sebelum panen raya. Upacara Methik sekaligus bentuk penghormatan kepada Dewi Sri dan Joko yang dianggap makhluk yg memberi panen yang baik. Budaya ini sudah dilakukan sejak nenek moyang sampai sekarang masih terjaga budaya upacara adat Methik Pari.

ko

3. KETHEK OGLENG

Kethek Ogleng merupakan ciri khas budaya dari Kecamatan Nawangan Pacitan. Kethek dalam bahasa indonesia adalah “kera”, sedangan Ogleng adalah bunyi suara gamelan yaitu “gleng gleng”. Kethek Ogleng merupakan tari tradisional yang belatar belakang sejarah. Tari tersebut diciptakan pada tahun 1963 seorang petani yang berusia 18 tahun, yaitu Sutiman. Latar belakang tari tersebut adalah cerita Panji tentang kerajaan jenggala dan kerajaan kediri yang dituangkan dalam bentuk tarian energik.

12 Kabudayaan Pacitan Yang Fenomenal


“CIRI KHAS PACITAN”

pct

Kota Pacitan ini sering dikenal dengan tempat kelahiran Pak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yaitu Bapak Presiden Indonesia ke 5 dan 6. Namun tidak semua orang tau bahwa Kota Pacitan ini banyak menyimpan kekayaan alam dan karya seni, salah satu nya Wayang Beber.

Kekayaan alam di Pacitan adalah Pantai, selain itu adalah pegunungan batu kapur yang banyak terdapat di goa-goa hingga menebus aliran sungai. Seringkali Pacitan disebut dengan Kota 1001 Goa, karena banyaknya goa dipegunungan batu. Salah satu goa yang terkenal adalah Goa Gong, goa tersebut merupakan goa terindah di Indonesia bahkan sampai Asia tenggara Goa Gong diakui memiliki keindahan didalamnya.

fhjsby